.
HOT NEWS
Seminar Nasional Amik Tunas Bangsa Cara Instal Video Chat FACEBOOK

KAMPUS LUAR ANGKASA

CALIFORNIA – Tinggal menghitung hari, Apple segera mendapatkan persetujuan terakhir untuk pembangunan kantor pusat baru. 19 November mendatang, raksasa teknologi ini akan menemui Dewan Kota Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) untuk membahas tentang persetujuan pengembangan kantor. Pihak Kota Cupertino pun telah memublikasikan foto-foto Campus 2 – julukan kantor baru Apple- yang berbentuk seperti pesawat luar angkasa ini. Anda bisa melihat foto-fotonya di atas. Titik fokus pada kantor baru Apple yang dijuluki sebagai Campus 2 ini ialah sebuah struktur berbentuk cincin empat tingkat. Gambar terbaru .

Senin, 18 November 2013

Letusan Sinabung Capai 8000 Meter

KARO - Aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, semakin lama semakin tinggi. Setelah sempat menyemburkan debu vulkanik setinggi 7000 meter, Gunung Sinabung, Senin (18/11) pukul 07:04 WIB kembali mengamuk dan menyemburkan debu vulkaniknya setinggi 8.000 meter. Letusan diikuti suara gemuruh hingga terdengar sampai ke Tiganderket, Berastagi, Kabanjahe, Payung, Sigarang-garang, Lau Kawar, dan letusan ini merupakan yang terbesar pada beberapa pekan terakhir.
Letusan debu vulkanik Sinabung mengarah ke barat daya, yakni desa Mardinding, Tiganderket, dan Payung. Endapan debu mencapai ketebalan 1,5 hingga 2,5 cm. Dan luncuran awan panas sejauh 800 meter ke arah tenggara dengan seismisitas - 17 x gempa vulkanik dalam,- 2 x gempa frekwensi
rendah,- 1 x gempa. Hembusan, - 1 x gempa tektonik jauh, - 1 x gempa erupsi amplituda max: 120 mm, lama gempa/tremor letusan 1935 detik, dan tremor menerus, pukul  06:00-12:00 WIB dengan amplituda maksimum 7 mm.

Hal ini dikatakan Kabid Humas Pemkab Karo, Drs Jhonson Tarigan melalui media center penanganan bencana Sinabung di Kantor Camat Kabanjahe, Senin (18/11). ”Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas. Agar lebih jelasnya lagi senantiasa mengikuti arahan dari penanggungjawab pengungsian bagi yang mengungsi.

 Bagi yang ingin mengetahui aktifitas Sinabung datang ke media center, sebab Pemkab Karo akan selalu melaporkan per 6 jam sekali aktifitas gunung,” ujarnya.
Salah satu warga Desa Tiganderket,  YSembiring (65) mengaku sangat kuatir dengan keadaan aktifitas gunung yang semakin hari letusannya semakin besar. Sebab saat ini bukan debu vulkanik lagi yang disemburkan, melainkan pasir dan awan panas.  ”Asa umurku lit, enda dengange aku simbiarna (seumur hidupku baru kali ini aku merasakan sangat takut),” ujar pria yang sudah uzur kepada sejumlah wartawan di posko penampungan di Losd Tiganderket.
Meskipun terjadi letusan yang lebih besar, namun hingga kini belum ada penambahan jumlah pengungsi dari desa-desa yang berada di sekitar kaki gunung yang berketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut. Jumlah pengungsi masih berjumlah 6.155 jiwa yang tersebar di 16 titik posko pengungsian.(anita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar